Skip to main content

Contoh Resensi Novel/Buku


Contoh Resensi (Lulu Asmi L. S. XI-Aksel)

Judul Buku : My Twin Sister
Pengarang : Lintang Assyifa
Penerbit         : DAR! Mizan
Tahun terbit : 2011
Tebal buku : 180 halaman


Setiap orang pasti memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lainnya. Tetapi, apakah hal tersebut dialami juga oleh sepasang anak kembar? Hal tersebut dijawab dalam novel berjudul “My Twin Sister” karya penulis muda berbakat Lintang Assyifa.
Novel ini menceritakan 2 orang anak kembar bernama Alivia dan Bella Watson. Walaupun anak kembar, mereka berdua memiliki kepribadian yang berbeda. Garis kehidupan mereka juga berbeda, Bella ditakdirkan untuk hidup di alam yang berbeda dengan saudara kembarnya tepat di hari ke-253 ia melawan penyakitnya.
Novel ini mengajarkan kita untuk menghargai, menikmati kehidupan, persahabatan, perjuangan, serta kekuatan dari orang-orang yang kita sayangi. Ceritanya yang sederhana dikemas dengan apik sehingga sangat berkesan dan ada pula bagian-bagian cerita yang sesekali membuat air mata kita menetes.
Kisah dalam novel ini memiliki makna yang sangat mendalam. Walaupun alur ceritanya terkesan dipercepat pada bagian akhir cerita, cerita yang disuguhkan tiap bab-nya memiliki ke-padu padanan sehingga tetap dapat dimengerti pembaca.
Buku ini cocok untuk dibaca oleh semua kalangan, terutama anak-anak hingga remaja, karena bahasanya mudah dimengerti dan menceritakan kehidupan anak-anak hingga remaja masa kini. Ceritanya pun bukan sembarang cerita, banyak sekali nilai-nilai yang dapat kita ambil setelah membaca novel ini.

Comments

Popular posts from this blog

Perbandingan Trigonometri untuk Sudut-sudut Berelasi

Perbandingan Trigonometri  Sudut (90 o - α o ) sin (90 o - α o ) = cos α o cot (90 o - α o ) = tan α o cos (90 o - α o ) = sin α o sec (90 o - α o ) = cosec α o tan (90 o - α o ) = cot α o cosec (90 o - α o ) = sec α o

Contoh Cerpen Berdasar Pengalaman Orang Lain

Dunia itu Sempit! (Lulu Asmi Lathifah S. X-Aksel) Gadis itu perlahan membuka matanya. Cahaya matahari yang menembus celah-celah tirai kamarnya membuatnya terbangun dari mimpinya. “Husna! Bangun, sudah siang!” Suara dari luar kamarnya membuatnya terdorong untuk beranjak dari tempat kesayangannya; kasurnya. “Iya, Maa..” Husna menyahut dengan malas. Dia berjalan kearah pintu kamarnya, saat ia membuka pintu kamarnya, ibu nya sedang berdiri tepat di hadapannya. “Aduh, Ma.. Ini kan hari libur! Kok pagi-pagi gini udah ngebangunin Husna, sih?” “Hey, sekarang sudah siang, jam 8 lho.” kata ibunya sambil mengelus rambut Husna. “Mama.. Kalau hari libur, jam 8 itu masih pagi, Ma..”

Conto Carpon (Carita Pondok) Basa Sunda

Budak Koruptor (karya: Lulu Asmi Lathifah S.) Di SMP Merdeka, aya hiji budak istri nu pada dipikaresep ku babaturanna. salain bageur, manehna teh pinter deuih. Alin, hiji-hijina putri bupati Kabupaten Galih. Predikat “anak bupati” nu disandang ku Alin oge ngajadikeun manehna kakoncara di sakolana. “Lin, engke pangajarkeun Fisika nya...” “Alin, Uih sakola ngerjakeun PR Matematika sasarengan, yu...” Emang bener, seueur pisan rerencangan Alin nu sok nyungkeun bantosan ka Alin. Sanajan anak bupati, Alin mah teu sombong. Alin sok ngabantuan rerencanganna, oge ngabaur sareng nu sanesna. Tapi, angger weh, sa sae-saena jalmi, aya weh nu teu mikaresep mah. Mia, saingan Alin ti kelas 7 keneh, nepi ka ayeuna, kelas 9.  Ti kelas 7, Alin nu sok ‘ngahalangan’ Mia jadi nu kahiji di kelasna. Mia mah sok jadi nu kadua wae, tangtuna di handapeun Alin. Hal eta nu ngajadikeun Mia teu mikaresep Alin. Di bumi na, Alin caket pisan sareng bapana. Ibuna Alin tos ngantunkeun basa Alin kelas 3 S