Skip to main content

Contoh Analisis Unsur-unsur Novel Terjemahan

Menganalisis Unsur-unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel Terjemahan


Nama:
Ismi Yasifa
Lulu Asmi Lathifah S.

Kelas: XI Aksel



Data buku :
o Judul : Ten Things I Hate About Me (Si Ratu Akting)
o Pengarang : Randa Abdel-Fattah
o Penerbit : Gramedia
o Tahun Terbit : 2012
o Negara Asal : Australia
o Penerjemah : Oktarina Prasetyowati
o Tebal Buku : 307 halaman


1. Unsur-unsur Intrinsik
A. Tema : Kehidupan anak remaja.
B. Tokoh : Jamilah/Jamie, Ayah, Bilal, Shereen, Bibi Sowsan, Amo Ameen, Miss Sajda, Timothy/John, Amy, Liz, Peter, Mustafa, Ahmed Latif, Sandra, Paman Joseph.
C. Penokohan :
o Jamilah/Jamie : tidak percaya diri
o Ayah : keras, tegas, baik
o Bilal : pemberontak
o Shereen : pemberontak
o Bibi Sowsan : baik, perhatian
o Amo Ameen : pendiam, suka bercanda
o Miss Sajda : baik, perhatian
o Timothy/John : pendiam, baik
o Amy : suka menyembunyikan masalah
o Liz : mudah terpengaruh
o Peter : suka menggoda, sombong
o Mustafa : percaya diri
o Ahmed Latif : pemberani, pemberontak
o Sandra : baik, suka membantu
o Paman Joseph : suka mengadu
D. Latar :
o Latar tempat : rumah Jamilah, sekolah, madrasah, rumah Bibi Sowsan, Mc Donald,  rumah Amy, mall.
o Latar waktu : sepanjang hari
o Latar suasana : menegangkan, menyedihkan, mengharukan.
E. Alur : alur maju-mundur
F. Sudut Pandang : orang pertama
G. Majas :
o Metafora : Aku kan terkenal sebagai si mulut besar.
o Ironi : Sekarang kenapa kau tidak enyah saja dan menenggak bir?
o Asosiasi : Setiap hinaan seperti karet gelang yang ditarik meregang terus menerus.
o Alegori : Aturan ayahku bahkan lebih kolot daripada zaman purba.
o Hiperbola : Seandainya ayahku memergokiku bersama cowok-cowok dan minum alkohol, dia akan melemparku ke kolam berisi hiu yang setengah tenang.
H. Amanat : Kita harus percaya diri, karena apa yang kita miliki pasti yang terbaik  untuk kita.
2. Unsur-unsur Ekstrinsik
A. Biografi Pengarang
Randa Abdel-Fattah adalah pengacara berusia 27 tahun. Ten Things I Hate About Me merupakan novel keduanya setelah Does My Head Look Big In This? dan menerima banyak pujian saat diterbitkan pada tahun 2006. Buku tersebut memenangkan Australian Book of the Year for Older Children pada tahun yang sama.
Randa tumbuh di Melbourne, tapi kini tinggal di Sydney. Ia aktif terlibat dalam komunitas Palestina dan Muslim di Australia dan pengacara untuk Palestina yang bebas. Ia juga suka membaca, menonton film komedi romantis, selera humor suaminya, dan film apa pun yang dibintangi oleh Colin Firth.
B. Latar Belakang Pengarang
Profesi : Pengacara
Agama : Islam
C. Nilai yang Terkandung dalam Novel
o nilai moral
o nilai agama
o nilai sosial
Sinopsis Novel :
Di sekolah, aku Jamie, cewek Australia biasa berambut pirang dan berlensa kontak biru. Berbaur dengan anak-anak lain.
Di rumah, aku Jamilah. Aku muslim keturunan Lebanon generasi kedua dengan ayah yang sudah cukup tua yang juga memberi banyak aturan. Pada malam hari, aku menghadiri madrasah dan bermain dalam band yang memainkan musik Arab. Tapi, tak seorang pun di sekolah tahu dan aku tak ingin teman-temanku tahu.
Namun, rahasiaku perlahan-lahan terkuak oleh teman sekelasku, Timothy, yang berpura-pura menjadi teman chatting ku. Tetapi, Timothy-lah yang membuatku percaya diri dengan identitasku yang sebenarnya terhadap teman-temanku di sekolah.

Comments

Popular posts from this blog

Perbandingan Trigonometri untuk Sudut-sudut Berelasi

Perbandingan Trigonometri  Sudut (90 o - α o ) sin (90 o - α o ) = cos α o cot (90 o - α o ) = tan α o cos (90 o - α o ) = sin α o sec (90 o - α o ) = cosec α o tan (90 o - α o ) = cot α o cosec (90 o - α o ) = sec α o

Contoh Cerpen Berdasar Pengalaman Orang Lain

Dunia itu Sempit! (Lulu Asmi Lathifah S. X-Aksel) Gadis itu perlahan membuka matanya. Cahaya matahari yang menembus celah-celah tirai kamarnya membuatnya terbangun dari mimpinya. “Husna! Bangun, sudah siang!” Suara dari luar kamarnya membuatnya terdorong untuk beranjak dari tempat kesayangannya; kasurnya. “Iya, Maa..” Husna menyahut dengan malas. Dia berjalan kearah pintu kamarnya, saat ia membuka pintu kamarnya, ibu nya sedang berdiri tepat di hadapannya. “Aduh, Ma.. Ini kan hari libur! Kok pagi-pagi gini udah ngebangunin Husna, sih?” “Hey, sekarang sudah siang, jam 8 lho.” kata ibunya sambil mengelus rambut Husna. “Mama.. Kalau hari libur, jam 8 itu masih pagi, Ma..”

Conto Carpon (Carita Pondok) Basa Sunda

Budak Koruptor (karya: Lulu Asmi Lathifah S.) Di SMP Merdeka, aya hiji budak istri nu pada dipikaresep ku babaturanna. salain bageur, manehna teh pinter deuih. Alin, hiji-hijina putri bupati Kabupaten Galih. Predikat “anak bupati” nu disandang ku Alin oge ngajadikeun manehna kakoncara di sakolana. “Lin, engke pangajarkeun Fisika nya...” “Alin, Uih sakola ngerjakeun PR Matematika sasarengan, yu...” Emang bener, seueur pisan rerencangan Alin nu sok nyungkeun bantosan ka Alin. Sanajan anak bupati, Alin mah teu sombong. Alin sok ngabantuan rerencanganna, oge ngabaur sareng nu sanesna. Tapi, angger weh, sa sae-saena jalmi, aya weh nu teu mikaresep mah. Mia, saingan Alin ti kelas 7 keneh, nepi ka ayeuna, kelas 9.  Ti kelas 7, Alin nu sok ‘ngahalangan’ Mia jadi nu kahiji di kelasna. Mia mah sok jadi nu kadua wae, tangtuna di handapeun Alin. Hal eta nu ngajadikeun Mia teu mikaresep Alin. Di bumi na, Alin caket pisan sareng bapana. Ibuna Alin tos ngantunkeun basa Alin kelas 3 S